Pengalaman Mengurus N1, N2, N4, PM1

Dear All,

Kali ini aku mau sharing tetang pengalaman saya mengurus N1, N2, N4 dan PM1. Ini adalah syarat wajib untuk diurus sama calon pengantin untuk pembuatan sebuah Akta Pernikahan / Surat Kawin secara Catatan Sipil.

Pertama-tama kalian harus ke RT dan RW minta surat pengantar mengurus Akta Nikah dan Surat pernyataan tentang data orang tua, status JEJAKA / PERAWAN/ DUDA/ JANDA, dan pernikahan Berlangsung di Sudin Kependudukan dan Catatan Sipil / KUA Kecamatan mana?? 

Kedua, kalian siapin Fotokopi KK, KTP, Akta Lahir dan lanjut ke kelurahan membawa dokumen dari RT RW (asli dan fotokopi). Sampe kelurahan bilang aja mau urusN1, N2, N4 dan PM1. Kalau dalam kasus saya sih, cepet ya ga sampai 30 menit ngurusnya di Kelurahan dan sama sekali ga ada biaya apapun :D hehehe.. 

N1, N2, N4 cukup hanya ttd Pak Lurah aja, sedangkan PM1 harus di ttd oleh Pak Camat juga, jadi saya lanjut ke Kecamatan. Di Kecamatan juga prosesnya cepet banget, cuma 15 menitan dan bebas biaya juga... dalam hati saya, enak juga ya setelah Jokowi jadi Gubernur :D kalau dulu, mau urus KTP nya OB kantor aja harus bayar 500rb (kelurahan ktr dan rmhku sama kebetulan).

Keterangan Jenis Surat: 
N1: Surat Keterangan Untuk Nikah
N2: Surat Keterangan Asal Usul
N4: Surat Keterangan Orang Tua
PM1 (surat keterangan - kelurahan - kecamatan)
Berisi bahwasanya saya siap melakukan pernikahan di tempat ibadah (sesuai kesepakatan) dan bisa diproses lebih lanjut, (sepengetahuan Camat setempat)

demikian pengalaman saya mengurus surat N1, N2, N4, dan PM1, semoga bermanfaat :)



Komentar

  1. Sorry mau tanya..
    Kalo surat N1, N2 dll itu ada masa berlakunya ga yah? Kalo mau urus H-6bulan bisa/ ga yah?
    thanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini mungkin info telat bgd buat kamu..tp info buat yg lain :D
      N1 & N2 itu masa berlakunya hanya 2 bulan saja.

      Hapus
  2. Kalau pastinya aku ga tau.. tapi, kayaknya bisa deh.. karena surat2 tersebut kan kita submit ke catatan sipil dan otomatis mereka yang pegang surat2 tersebut.. dan saat penyerahan surat tersebut kan kita udh memberitahukan tanggal pernikahannya. jadi ya tinggal nunggu hari H.

    lebih jelasnya telp dispendukcapil daerah kamu aja say :)

    BalasHapus
  3. Sy sudah minta surat pengantar dr rt tp di surat pengantar hanya di tulis ket "untuk mengurus surat nikah n1, n2, n4" saja.
    Apakah itu sudah cukup?
    Mohon infonya
    Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ckup..
      Karena dr RT hanya minta surat pngantar untuk minta srt N1N2 dsb,, di klurahan setempat.. :)

      Hapus
  4. Klo sy domisili tgrang, mau nikah di t4 lain di luar propinsi banten..berarti sy ngurus n1-n4 di rt-kecamatan setempat y?lalu hrs ada surat keterangan dari catatan sipil dibt4 sy berasal?trmks

    BalasHapus
  5. saya juga baru selesai urus nih N1,N2 dan N4 tp kok PM1 gak ada ya??mohon info donk..di kelurahan cm blg nya N1,N2 dan N4 aja.kalo PM1 itu yg urus pihak cewek apa cowok?utk tempat numpang nikah nya di gereja daerah senayan(jak-sel)..saya didaerah kunciran ciledug tangerang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekedar berbagi aja gan..saya udah selesai menikah dan semua surat2 saya udah beres..masing2 calon pengantin urus N1-N4 ke wilayah masing2..karna saya acara resepsi di bekasi maka pihak kecamatan bekasi tmpt tinggal suami yg mengeluarkan PM1..surat nikah saya di keluarkan oleh dinas kependudukan dan catatan sipil bekasi karna pemberkatan pernikahan saya di bekasi,gak jadi di jakarta selatan krn alasan terlalu jauh.saya datang kediskepcatpil bekasi bawa N1-N4 dan PM1 kedua calon(asli) dan fotokocopy ektp calon serta foto berdampingan 4x6 warna sebanyak 6 lembar.ktp kedua calon harus sudah EKTP(elektrik)baru bisa di proses..demikian info dari saya semoga mrmbantu agan2 yg sedang mempersiapkan pernikahan..Gbu

      Hapus
    2. terimakasih ya Harianty udh bantu share.. semoga diberkati anak laki-laki dan perempuan ya.. Gbu

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Apakah harus disertakan surat sudah disuntik dipuskesmas (seperti yg biasanya dilakukan seblm menikah) untuk mengurus n1-n4?

    BalasHapus
  8. Apakah harus disertakan surat sudah disuntik dipuskesmas (seperti yg biasanya dilakukan seblm menikah) untuk mengurus n1-n4?

    BalasHapus
  9. kalo e-ktpnya blom ada bisa ga ya?? ttpi kta penghulunya kbeneran masi tetangga.. kata dia bisa pake ktp lama soalnya kan ektp buatnya sulit..
    mohon pencerahan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf yahh lama bls.. bisa kok klo bukan e-ktp

      Hapus
  10. Di gereja saya persyaratan n1 dst diminta untuk 6bln sblm pernikahan. Sementara saya baca koment diatas klo n1 dst berlaku cm 2bln

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo expired, bisa diurus lg N1 nya..
      Ketentuan dari Gereja-nya ttp dilaksanain ajah.. :)

      Hapus
  11. saya meminta surat pengantar untuk mengurus N1,N2,N4 dan PM1. ternyata ketika dibawa ke kelurahannya, pihak kelurahan hanya mengeluarkan surat PM1. apakah itu sudah cukup untuk mengurus ke catatan sipil?. thx.

    BalasHapus
  12. Mau tanya gank...calon aku minta urus n1,n2,n4 ko diminta pbb segala padahal sudah ada ket dari rt/rw dan lengkap kk juga!???? Wajib ada pbb kah

    Emang sih calon aku ngotrak statusx bukan rumah pribadi

    BalasHapus
  13. Minta tolong dijawab yaa :) kalo surat pengantar RT nya dicklis tujuannya buat mengurus surat numpang nikah, bisa ga? Gaada ket belum menikah

    BalasHapus
  14. Saya minta bantuan ke RT setempat untuk urus surat-surat tersebut.
    Maksud hati ingin kasih ongkos bensin 50.000.
    Tapi saya di tagih 250.000.
    Katanya biaya pengurusan ke pusat dll.
    Saya termasuk kena pungli😂
    Menyesal gak urus sendiri, padahal geratis tiss tiss

    BalasHapus
  15. Saya minta bantuan ke RT setempat untuk urus surat-surat tersebut.
    Maksud hati ingin kasih ongkos bensin 50.000.
    Tapi saya di tagih 250.000.
    Katanya biaya pengurusan ke pusat dll.
    Saya termasuk kena pungli😂
    Menyesal gak urus sendiri, padahal geratis tiss tiss

    BalasHapus
  16. Saya mau tanya memang membuat N1,N2,N4 harus disertakan surat sehat dari RS/Puskesmas

    BalasHapus
  17. Saya mau tanya memang membuat N1,N2,N4 harus disertakan surat sehat dari RS/Puskesmas

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Pemeriksaan Kehamilan Menggunakan BPJS Kesehatan

Aplikasi Mo Man Xiang Ji - Aplikasi Camera