Pengalaman Melahirkan Anak Pertama - Samgar Silitonga

14 September 2014, Pukul 18:00 perut terasa nyeri. nyeri2 haid gitu. Awalnya masih belum tau klo ini adalah yang dinamakan kontraksi tanda2 sudah mau lahiran. Kebetulan itu hari minggu dan Ortu ga ada di rumah, ckckckck. Makin lama makin nyeri dan pengen ke toilet antara mau pipis sama kayak mau buang air besar hahhahah... Ga ada yang keluar sih, cuma bercak darah gtu dan gw saat itu masih bingung ini bercak tanda mau lahiran yg biasa gw denger dari dokter dan emak2 lainnya apa bukan ya?? akhirnya jam 10 malam nyokap bokap pulang, selesai gw cerita, akhirnya gw diajak ke klinik tua nan sepi untuk cek pembukaan.

Jam 11 Malam, ke klinik naik motor sama bokap, nyokap jalan kaki.. hihihiii ga mungkin bonceng tiga kan..
Sampe di klinik tua nan sepi tersebut, pintunya tutup cuyyy.. ada penjaga tidur di dalam dan kita ketok2 aja, dibukain deh itu pintu dan penjaganya manggil perawat buat telp bidan on call, karena saking jarangnya pasien jd bidan ga stand by klo malam. Dan gw calon pasien satu-satunya malam itu, ini klinik emang sepi banget and kurang peminat. Trus pas nyokap sampe di klinik, ga lama kemudian bu bidan pun sampai. Cek pembukaan dimulai, terus ditanya emang udah mules2 bu? dalam hati gw, mules? gw udh mules belum ya? trus gw jawab aja iyahh udah biar cepet ditanganin.. hahhaha...  Setelah di cek ternyata baru pembukaan 1.
DUARRRR!!!! Mak, gw beneran udah mau lahiran nih sekarang?? emak gw bilang Doain Aja.. ini jawaban apaan lagi.. beneran mw lahiran apa kagak sih??? -_- secara gw baru anak pertama, gw kan butuh petunjuk dan kepastian.. hahhaha

Trus bu bidan suruh gw tidur-tidur atau jalan-jalan atau mau pulang dulu gpp karena klo anak pertama umumnya lama, bisa-bisa besok malam lahirnya. Dalam hati gw, oia ya temen gw ada juga yang 24 jam baru lahir. hmmm... klo nyeri nya kayak nyeri haid gini, kayaknya gw kuat sih buat nahan lahiran normal *belagu di awal karena ketidaktahuan*

Awalnya gw memilih untuk stay dan jalan-jalan di sekitar ruangan klinik. lama kelamaan gw bosan dan suka ilang nyerinya, mungkin masih lama kali ya.. dan gw ajak nyokap pulang dan nyokap setuju..
Karena Bokap udah duluan pulang, kami jadinya jalan kaki ke rumah, sekalian olahraga. Dijalan pas mau sampai rumah, sekitar 50M lagi ke rumah, BRAAAAKKK!!! gw ngerasa ada yang meledak di area jalan lahir, oke ketuban gw pecah.

Setelah sampai rumah, adik gw yang perawat udah tidur.. duhh gw mau nanya apa beneran ketuban gw pecah? ini air ngalir terus lagi... gw mulai ngerasa perih dan panas dan makin nyeri, tapi nyeri nya masih bisa di handle lah.. belum terlalu sakit.. 2 Jam gw bolak balik ke kamar mandi untuk siram-siram biar adem, dan makin lama makin nyeri, gak bisa tidur pula posisi jam sudah Jam 1 kurang.

Tiba-tiba adik gw bangun dan nanya, ketuban lo udah pecah belum? gw jawab udah kayaknya dari tadi ada cairan keluar terus boo (panggilan untuk adik gw). Dengan muka panik dia bilang buruan lo balik lagi ke klinik, bahaya klo ketuban udah pecah, anak lo bisa keracunan!!!!!!!!!!!!!!!! hah? gw juga jadi panik dan gw bangunin suami gw buat anter ke klinik. Kali ini cek pembukaan udah pembukaan 4 dan disuruh langsung masuk kamar, ga boleh pulang.

Nyeri semakin hebat dan semakin hebat..... teriakan gw memenuhi klinik yang lumayan besar tapi hanya ada gw pasiennya.. Tiba-tiba nyokap dan adik perempuan gw datang, kasih support. SUPPORT ini sangat penting temen-temen, menguatkan gw buat menahan rasa nyeri yang melanda apalagi support suami.

Bu bidan ninggalin gw dan nasehatin ibu jangan teriak2 bu, kasihan tenaga ibu keluar sia-sia, nanti ada saatnya bu buat keluarin tenaga. Nanti pas mw lahiran, klo tenaga ibu habis gimana? *hiksss

Nyokap dan adik gw bangun tidur - bangun tidur sambil nungguin gw.. gw bolak balik aja ke kamar mandi siram-siram perut gw, dibantu suami gw juga. sesekali gw ngeden ikutin mau bayi gw kayak mau turun gitu.. asli itu rasanya sakit banget..

Jam 4 Pagi, gw minta suami bangunin bidan untuk cek pembukaan, gw bilang kayaknya ini kepala bayinya udah nongol. Bu bidan datang dan mencoba menenangkan gw, gw dianggap mimpi klo mw lahiran jam segitu, secara anak pertama paling ga biasanya 24 Jam. Bu bidaannnn, ayoo bu cek-in udah pembukaan berapa?? saya ngerasa kepala anak saya udah mau keluar.. bu bidan cuma bilang sabar ya bu... akhirnya gw buka selimut penutupnya dan gw tunjukkin, tuh kan bener muka tuh bidan dan adik gw kaget ternyata emang kepalanya udh nongol ckckckkc, tuh kan apa gw bilang...

15 menit kemudian gw selesai lahiran, 04:15, 15 September 2014 anak laki2 gw dan suami gw lahir. Puji Tuhan sehat dan beneran laki-laki. Lega rasanya, secara orang batak diharuskan punya anak laki-laki. Suami gw sih sampai nangis gtu, apalagi pas lihat kepala anaknya keluar.. pokoknya Thank God bangettttttttt <3

aaaaaaaaaaa rasanya lega banget, makasih Tuhan bisa lahiran normal.

Sekian ceritanya, pokoknya intinya pikir positif dan support orang terdekat itu penting bgt..

Semangat ya buat para calon mommies yang mau lahiran dan para calon daddy, ingetttt kasih support positif ke istrinya ya.. DAHHH!! #muchlove

Komentar

  1. blog yang nyaris setahun, saya lagi hamil 26 weeks dan "iseng2" googling 'pengalaman melahirkan normal" dan nemu blog mbak :)
    bacanya aja saya sampe nangis haru :') terakhir cek ke dokter katanya bisa lahiran normal, semoga saya mmg melahirkan normal dehhh....

    terima kasih untuk sharingannya ya mbak
    Tuhan memberkatiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Eda..

      Maaf ya baru baca commentnya... sekarang udh bulan oktober, harusnya udh lahir ya babynya.. Sehat2 ya eda n keluarga <3

      Tuhan Yesus Memberkati.. #muchlove

      Hapus
  2. Melahirkan anak pertama memang mengharukan sekaligur menegangkan.

    Kunjungi juga blog ku ya bund http://diarycipho.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Bunda Azia..

      Iyah mengharukan sekali, Puji Tuhan bisa mengalaminya..

      Hapus
  3. وشم النساء تلد عادي MELAHIRKAN NORMAL
    https://www.youtube.com/watch?v=CAEMIh6TUqo

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Mengurus N1, N2, N4, PM1

Pengalaman Pemeriksaan Kehamilan Menggunakan BPJS Kesehatan

Aplikasi Mo Man Xiang Ji - Aplikasi Camera